Daun Tin

Pohon Tin atau juga sering disebut dengan pohon Ara telah banyak diakui khasiatnya baik itu dari buah dan daunnya. Buah dari tanaman ini jika masih muda berwarna hijau, dan ketika masak akan berwarna merah dengan rasa yang manis. Khusunya daun pohon Tin, hal ini banyak diakui banyak memberikan manfaat pengobatan penyakit dan peningkatan kesehatan tubuh. Di antara banyak manfaat dalam pengobatan penyakit, daun pohon Tin ini lebih terkenal akan sifatnya yang anti-diabetes. Bila dikonsumsi oleh orang dengan diabetes, maka efek yang luar biasa dapat memungkinkan bagi penderitas diabetes mengurangi suntikan insulin, cara pengobatan yang mahal dan bahkan seringkali seumur hidup.  Namun penggunaan teh daun tin untuk diabetes sebaiknya hanya sebagai perawatan tambahan.

Berikut  manfaat kesehatan dari teh daun tanaman buah Tin selain untuk diabetes :

  1. Memiliki kandungan serat tinggi Buah ara menyediakan sejumlah besar serat. Dengan demikian orang yang mengalami obesitas dan mungkin merasa perlu untuk menurunkan berat badan, maka teh atau buah tanaman tin dapat  membantu. Tak hanya itu, serat juga banyak membantu tubuh kita agar tetap sehat dan berfungsi optimal.
  2. Para peneliti telah menemukan bahwa kelebihan natrium dalam makanan kemasan atau cepat saji bisa menjadi salah satu alasan mengapa seseorang bisa menderita hipertensi. Buah ara juga diketahui memiliki kandungan kalium tinggi, senyawa mineral yang diperlukan tubuh untuk mengendalikan tekanan darah tinggi dengan cara meredam efek natrium.
  3. Ambil 3 daun tin dan setengah liter air. Rebus selama 15 menit, dan minum setiap hari. Membantu pengobatan Wasir Daun tin juga memiliki khasiat untuk membantu pengobatan wasir. Ambil dua atau tiga daun tin, masukkan ke dalam satu liter air dan didihkan. kamudian rebus selama minimal 15 menit. Biarkan panci dingin, buang sisa daun, bisa digunakan untuk mandi atau diterapkan ke daerah yang kena wasir.
  4. Menurunkan kadar Trigliserida Daun juga telah terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida tubuh. Trigliserida adalah bentuk  lemak yang ada di dalam tubuh. Meskipun trigliserida diperlukan untuk kesehatan dan fungsi tubuh, terlalu banyak trigliserida justru sangat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit jantung. Namun, mengkonsumsi daun ara secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kesehatan ini, karena secara bertahap menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Cara membuatnya masih sama, hanya perlu merebus dan mengambil airnya untuk diminum seperti teh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *