KHASIAT PARE UNTUK KESEHATAN

Khasiat si Pahit untuk kesehatanPare merupakan salah satu sayuran yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat indonesia. Pare terkenal dengan rasa pahitnya sehingga tidak banyak disukai orang untuk dikonsumsi. Namun bagi sebagian kalangan rasa pahit dari pare justru membuatnya  menjadi sangat di gemari. Terlebih dibalik rasanya yang pahit ternyata pare juga memiliki banyak kandungan yangbemanfaat untuk kesehatan. Pare memiliki nama latin Momordica Charantina. Rasa pahit dari pare disebabkan oleh kandungan senyawa Cucurbitacins. Kandungan lain yang terdapat dalam pare adalah protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, C dan K, likopen, fitokimia, kalori, serat, mineral, serta antioksidan. Kandungan – kandungan tersebut dipercaya dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, mengobati sembelit, menambah nafsu makan, melancarkan pencernaan, menurunkan kadar gula darah juga meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Pare juga mengandung campuran saponin steroid yaitu charantin, alkaloid dan peptida seperti insulin yang diyakini efektiv untuk mengobati penyakit diabetes mellitus. Akan tetapi pare tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita hipoglikemia (kekurangan glukosa) karena dapat mempengaruhi tingkat glukosa. Pare juga mengandung zat kina yang dapat merangsang penyusutan rahim sehingga tidak baik dikonsumsi ibu hamil karena dapat mengakibatkan keguguran pada janin.

Berikut manfaat pare bagi kesehatan :

 1. Melancarkan pencernaan

Pare mengandung asam trichosanat dan momordicin yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan dalam       lambung.

2. Mengontrol kadar gula dalam darah

Di dalam pare terdapat campuran saponin steroid yaitu charantin, alkaloid dan peptida seperti insulin yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga sangat efektiv untuk pengobatan diabetes mellitus.

3. Mengobati asma

Rasa pahit dari pare dapat merangsang indera pengecap yang berada pada saluran pernapasan. Hal tersebut membuat saluran pernapasan menjadi lebih lebar dan aliran udara menjadi lebih lancar sehingga sangat baik untuk mengatasi asma.

4. Menjaga kesehatan perut

Pare juga mengandung senyawa anti-parasit yang dapat membantu mengobati parasit infeksi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan perut dan lambung.

5. Melancarkan peredaran darah

Di dalam pare terdapat kandungan senyawa a-eleostearic acid dan dihydroxy-a-eleostearic acid yang dapat membantu produksi sel darah merah sehat serta menyeimbangkan jumlah sel darah putih. Mengkonsumsi pare sangat baik untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

6. Mengobati sembelit

Pare mengandung cukup serat yang baik untuk melancarkan proses pencernaan dan membantu menyembuhkan sembelit.

7. Mengatasi tekanan darah tinggi

Pare juga mengandung asam amino citrulline yang dapat membantu meningkatkan nitrat oksida dan vitamin C serta dengan cepat membuang oksigen aktif dalam darah.

8. Melancarkan ASI

Pare sudah lama diyakini dapat meningkatkan produksi ASI serta membuat ASI menjadi lebih kental.

9. Mengeluarkan racun dan meningkatkan system kekebalan tubuh

Pare diyakini mampu mengikis lemak dan mengeluarkan racun sehingga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh.

10. Mencegah kanker pancreas

Sel kanker membutuhkan energy dalam perkembangannya. Ekstrak pare dapat membantu pancreas memblokir proses glukosa menjadi energi sehingga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *