MANFAAT PENGOBATAN SECARA HERBAL

Menurut kalian herbal itu apa sih? dan menurut kalian herbal bisa tidak dijadikan pengobatan?

Herbal adalah  tumbuh-tumbuhan yang tidak berkayu atau tanaman yang bersifat perdu. Dalam dunia pengobatan, istilah herbal memiliki makna yang lebih luas, yaitu segala jenis tumbuhan dan seluruh bagian-bagiannya yang mengandung satu atau lebih bahan aktif yang dapat dipakai sebagai obat (therapeutic).  Tumbuhna herbal baik digunakan untuk pengobatan secara alamiah, karena dasar dari obat-obatan yang di gunakan berdasarkan tumbuhan yang hiudp secara alamiah. Herbal pun mempunyai banyak manfaat pengobatan di dunia kesehatan, hal ini menunjukkan bahwa obat yang berasal dari sumber bahan alam khususnya tanaman telah memperlihatkan peranannya dalam penyelenggaraan upaya-upaya kesehatan masyarakat dan makin diteliti tnaman obat yang merupakan segala jenis tumbuh-tumbuhan yang mempunyai khasiat atau kegunaan sebagai obat.

Macam-macam bagian dan jenis  tumbuhan yang dapat dijadikan obat, yaitu :

1. Bagian akar atau umbi

Pada bagian akar atau umbi yang sering disebut sebagai rimpang. Pada bagian-bagian tanaman tersebut mempunyai klasifikasi penyembuhan penyakit yang berbeda-beda, zat yang terkandung pada bawang putih adalah alisin. Ketika bawang putih dimemarkan/dihaluskan, maka zat aliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai. Dengan dorongan enzim alinase, zat aliin ini terpecah sehingga menjadi alisin, amonia, dan asam piruvat. Bau tajam alisin disebabkan karena kandungan zat belerang. Aroma khas ini bertambah menyengat ketika zat belerang (sulfur) dalam alisin diterbangkan ammonia ke udara, sebab ammonia mudah menguap. Senyawa alisin berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan mengurangi tekanan darah.

Manfaat bawang putih untuk terapi antara lain :
a. sebagai obat batuk, sakit gigi, sakit telinga, atherosclerosis, diare, disentri, diptheri dan vaginitas.
b. menurunkan takanan darah tinggi
c. menurunkan kolesterol
d. menurunkan gula darah pada penderita diabetes
e. mendorong reaksi penawar racun
f. meningkatkan system kekebalan tubuh
g. melindungi serangan kanker dan jantung.
h. antimikroba(antibakteri, anti jamur, anthelmintic)
i. pengobatan asma dan gangguan pernafasan lain
j. pengobatan gangguan pencernaan.

2. Bawang Bombay

Untuk zat yang terkandung dibawang bombay adalah gultation. Gultation adalah salah satu zat yang berfungsi sebagai anti oksidan. Zat ini juga terdapat pada liver dan bola mata. Bila gultation berkurang, akan mengakibatkan menurunnya fungsi hati dan memicu terbentuknya katarak. Pada bawang bombay juga banyak mengandung vitamin B1 yang berfungsi untuk mendorong vitalitas dan meningkatkan nafsu makan. Pada penelitian yang dilakukan oleh salah satu universitas di Amerika pada tahun 2004, diteliti reaksi perkembangan sel kanker bial sel tersebut disatukan dengan zat-zat yang dikeluarkan oleh bawang bombay. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa beberapa jenis bawang bombay dapat berkhasiat untuk mencegah kanker hati dan kanker usus besar.

Manfaat bawang bombay bagi kesehatan :
a. Menurunkan kadar gula darah
b. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah
c. Untuk mencegah kanker

3. Wortel (Carrot / Daucus carota)

Tumbuhan ini termasuk dalam famili Umbeliflorae, tanaman ini memiliki batang yang sangat pendek sehingga hampir tidak kelihatan sebagai batang pada umumnya.  Wortel juga mengandung pro vitamin A yang sangat tinggi, oleh karena sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, khususnya pada anak-anak dan dapat meningkatkan ketahanan tubuh terhdap penyakit infeksi. Kandungan karoten terutama bet karoten dalam wortel berfungsi sebagai anti kanker. Untuk memperoleh zat anti kanker yang lebih banyak, sebaiknya wortel dikonsumsi dalam keadaan masak, karena pemasakan akan membantu meningkatkan karoten 2 kali lebih banyak. Namun pemasakan yang terlalu lama akan menghilangkan beta karoten tersebut. Serta dengan mengkonsumsi 200g wortel mentah tiap pagi maka kolesterol darah akan turun ± 11%.

Manfaat wortel untuk terapi, antara lain yaitu:
1. membantu indera penglihatan
2. mencegah kanker dan paru-paru
3. menurunkan kolesterol darah dan mencegah konstipasi.

4Lengkuas merah
Tumbuhan Lengkuas ini biasanya yang digunakan untuk pengobatan adalah jenis lengkuas merah (Alpinia purpurata K Schum). Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lainnya disebutkan, lengkuas merah memiliki sifat antijamur dan antikembung. Efek farmakologi ini umumnya diperoleh dari rimpang yang mengandung basonin, eugenol, galangan dan galangol. Zat basonin dikenal memiliki efek merangsang semangat, eugenol mencegah ejakulasi prematur, antijamur Candica albicans, antikejang analgetik, anestetik, dan penekan pengendali gerak, galangan meredakan rasa lelah, antimutagenik, penghambat enzim siklo-oksigenase dan lipoksogenase, sementara galangol dapat merangsang semangat dan menghangatkan tubuh.
Penyakit Yang Dapat Diobati :
Reumatik, Sakit Limpa, Gairah seks, Nafsu makan, Bronkhitis; Morbili, Panu

5. Bengkuang
Bengkuang merupakan buah yang kaya akan berbagai zat gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam bengkuang yang paling tinggi adalah vitamin C. Sedangkan mineral yang terkandung dalam bengkuang adalah fosfor, zat besi, kalsium dan lain-lain. Bengkuang juga merupakan buah yang mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga dapat menyegarkan tubuh setelah mengkonsumsinya dan menambah cairan tubuh yang diperlukan untuk menghilangkan deposit-deposit lemak yang mengeras yang terbentuk dalam beberapa bagian tubuh. Oleh karena itu, bengkuang dianggap dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Manfaat pengobatan dengan menggunakan bengkuang adalah untuk pengobatan penyakit wasir.

6. Jahe

Rempah berikutnya Jahe (Zingiber officinale), adalah jenis tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe sekurangnya mengandung 19 komponen bio-aktif yang berguna bagi tubuh. Komponen yang paling utama adalah gingerol yang bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Gingerol diperkirakan juga membantu menurunkan kadar kolesterol
Manfaat jahe, berdasar sejumlah penelitian, antara lain:
Merangsang pelepasan hormon adrenalin, memperlebar pembuluh darah, sehingga darah mengalir lebih cepat dan lancar. Tubuh pun menjadi lebih hangat, kerja jantun memompa darah lebih ringan. Akibatnya, tekanan darah menjadi turun.  Jahe mengandung dua enzim pencernaan yang penting. Pertama, protease yang berfungsi memecah protein. Kedua, lipase yang berfungsi memecah lemak. Kedua enzim ini membantu tubuh mencerna dan menyerap makanan.

7. Mengkudu

 Kandungan senyawa terpenoid adalah senyawa hidrokarbon isometrik yang juga terdapat pada lemak/minyak esensial (essential oils), yaitu sejenis lemak yang sangat penting bagi tubuh. Zat-zat terpenoid membantu tubuh dalam proses sintesa organik dan pemulihan sel-sel tubuh. Dalam mengkudu juga terdapat Zat Anti-bakteri Acubin, L. asperuloside, alizarin dan beberapa zat antraquinon. Mengkudu mempunyai manfaat untuk meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Penyelidikan klinis yang dilakukan oleh Dr. Schechter (Institut Pengobatan Alami di California) menghasilkan data-data penting tentang kemampuan sari buah Mengkudu, di antaranya yaitu merangsang produksi sel T dalam sistem kekebalan tubuh (sel T berperan penting dalam melawan penyakit); memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama makrofaset dan limfosit dari sel darah putih; menunjukkan efek anti bakteri; mempunyai efek anti rasa sakit/nyeri (analgesik); menghambat pertumbuhan sel-sel pra kanker/tumor yaitu dengan kemampuannya menormalkan fungsi sel-sel yang abnormal.

8. Jambu Biji

Diantara berbagai jenis buah, jambu biji mengandung vitamin C yang paling tinggi dan cukup mengandung vitamin A. Dibanding buah-buahan lainnya seperti jeruk manis yang mempunyai kandungan vitamin C 49 mg/100 gram bahan, kandungan vitamin C jambu biji 2 kali lipat. Vitamin C ini sangat baik sebagai zat antioksidan. Sebagian besar vitamin C jambu biji terkonsentrasi pada kulit dan daging bagian luarnya yang lunak dan tebal. Kandungan vitamin C jambu biji mencapai puncaknya menjelang matang. Selain pemasok andal vitamin C, jambu biji juga kaya serat, khususnya pectin (serat larut air), yang dapat digunakan untuk bahan pembuat gel atau jeli. Manfaat pectin lainnya adalah untuk menurunkan kolesterol yaitu mengikat kolesterol dan asam empedu dalam tubuh dan membantu pengeluarannya. Penelitian yang dilakukan Singh Medical Hospital and Research center Morrabad, India menunjukkan jambu biji dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah serta tekanan darah penderita hipertensi essensial.
Jambu biji juga mengandung tannin, yang menimbulkan rasa sepat pada buah tetapi juga berfungsi memperlancar sistem pencernaan, sirkulasi darah, dan berguna untuk menyerang virus. Jambu biji juga mengandung kalium yang berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan dan sel tubuh serta menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah, serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).
Dalam jambu biji juga ditemukan likopen yaitu zat nirgizi potensial lain selain serat. Likopen adalah karatenoid (pigmen penting dalam tanaman) yang terdapat dalam darah (0,5 mol per liter darah) serta memiliki aktivitas anti oksidan. Riset-riset epidemologis likopen pada studi yang dilakukan peneliti Itali, mencakup 2.706 kasus kanker rongga mulut, tekek, kerongkongan, lambung, usus besar dan dubur, jika mengkonsumsi likopen yang meningkat, khususnya pada jambu biji yang daging buahnya berwarna merah, berbiji banyak dan berasa manis mempunyai efek memberikan perlindungan pada tubuh dari beberapa jenis kanker.

Manfaat dari jambu biji adalah, untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mencegah munculnya kanker, memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, meningkatkan kesehatan gusi, gigi dan pembuluh kapiler serta membantu penyerapan zat besi dan penyembuhan luka. Jambu biji juga berkhasiat anti radang, anti diare dan menghentikan pendarahan, misalnya pada penderita demam berdarah dengue (DHF).

Di atas adalah jenis-jenis tumbuhan yang dapat digunakan untuk pengobatan herbal, dan masing-masing tumbuhan mempunyai manfaat tersendiri dalam penyembuhan penyakit.

Obat herbal mampu tampil sebagai pilihan yang lebih baik dari obat kimia jika kita lihat dari efek samping yang timbul ketika kita mengkonsumsinya. Jika tiap obat kimia memiliki efek samping yang berbeda-beda, obat herbal bisa Anda gunakan tanpa harus khawatir mengenai efek samping yang mungkin timbul asalkan obat herbal yang Anda gunakan diramu oleh herbalis yang berperngalaman. Saat ini, banyak sekali jenis obat herbal yang beredar dipasaran dan kebanyakan obat herbal tersebut digunakan untuk mencegah penyakit dan mengobati berbagai macam penyakit yang tidak kunjung sembuh selama bertahun tahun. Sifat lainnya dari obat herbal yang sangat berbeda dari obat kimia adalah reaksi yang ditimbulkan. Jika obat kimia bisa menyembuhkan penyakit Anda dalam kurun waktu yang cepat, obat herbal pada umumnya bekerja lebih lambat.

Ada beberapa penyakit yang dapat di obati dengan mengkonsumsi obat-obatan herbal, antara lain :

1.Membantu Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah Anda

Dari sekian banyak obat herbal yang beredar di pasaran, ada beberapa diantaranya yang bisa Anda jadikan untuk membuat wajah Anda tampil lebih menawan. Wajah adalah salah satu bagian terpenting dari tubuh kita. Ada sedikit saja gangguan pada wajah kita, maka kita akan kehilangan rasa percaya diri yang besar. Salah satu masalah paling umum yang terjadi pada wajah adalah timbulnya bintik-bintik hitam. Gangguan seperti ini pada umumya disebabkan oleh bekas jerawat serta paparan terhadap sinar matahari yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama. Obat herbal mampu mengembalikan rasa percaya diri Anda dengan menghilangkan bintik-bintik hitam tadi secara alami. Obat herbal jenis ini biasanya memanfaatkan kandungan aktif dari lemon dan jeruk. Selain menghilangkan bintik hitam yang terlihat mengganggu penampilan kita, obat herbal jenis ini juga mampu membuat wajah kita terlihat lebih cerah dari sebelumnya.

2.Mengobati Berbagai Macam Penyakit Kulit

Ada sekian banyak penyakit kulit yang menyerang kulit kita. Tidak saja mereka bisa menggerogoti kesehatan kulit kita, penyakit kulit juga bisa membuat kulit kita tampak kurang menarik. Penyakit kulit mungkin bisa dengan mudah Anda singkirkan dengan menggunakan obat kimia dalam bentuk lotion atau salep. Akan tetapi, obat kimia yang keras biasanya akan meninggalkan jejak atau bekas pada kulit kita. Masalah baru bahkan timbul ketika kita ingin menghilangkan bekas tersebut. Obat herbal yang diformulasikan untuk mengatasi berbagai macam penyakit kulit dipercaya bekerja lebih baik ketimbang obat kimia. Obat herbal ini tidak saja menyembuhkan penyakit kulit yang ada, namun juga bisa membuat kulit kita lebih lembut. Terlebih lagi, obat herbal untuk penyakit kulit sekarang sudah tersedia dalam bentuk yang lebih gampang untuk dipakai.

3. Mengatasi Masalah Asam Urat

Asam urat sudah menjadi penyakit yang umum terjadi terutama pada orang di atas usia 20 tahun. Penyebab dari penyakit ini bermacam-macam mulai dari jenis makanan yang dikonsumsi sampai jenis aktifitas maupun lingkungan sekitar kita. Kabar baiknya adalah bahwa penyakit ini sekarang bisa diobati oleh obat herbal. Sebagaimana sifat obat herbal yang bekerja cukup lamban, Anda bisa mengobati asam urat yang Anda derita secara bertahap. Dibutuhkan kesabaran yang cukup tinggi untuk mendapatkan hasil yang optimal dari jenis pengobatan alami ini.

4. Menyembuhkan Penyakit Berbahaya Seperti Jantung Koroner

Dengan penelitian yang terus dilakukan oleh para ahli, tampaknya kita akan terus dikejutkan oleh khasiat dan manfaat obat herbal. Sejauh ini, obat herbal bahkan memiliki kemampuan yang baik untuk memerangi penyakit yang jauh lebih berbahaya dari sekadar penyakit kulit maupun bintik di wajah Anda. Saat ini, terdapat obat herbal yang bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan penyakit jantung koroner. Kedepannya, bukan tidak mungkin jika obat herbal lainnya akan terus bermunculan dengan khasiat yang lebih dahsyat. Obat herbal tampaknya akan terus menjadi alternatif yang lebih baik terutama bagi mereka yang sudah bosan mengandalkan obat kimia dalam mengobati semua penyakit yang diderita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *