Manfaat Buah Tin untuk kesehatan

Pasti sudah pada tahu dong Buah Tin atau juga yang lebih dikenal oleh orang-orang dengan nama buah dari surga khususnya nih orang-orang muslim sudah pasti familiar dengan buah Tin. Buah Tin juga disebutkan manfaatnya di dalam Al-Qur’an tepatnya di surah At-tin 1-2.

Tapi sebelum kita membahas manfaat buah tin, kita akan membahas terlebih dahulu nih kandungan nutrisi buah tin itu apa saja sih ?? berikut ini akan di jelaskan apa saja kandungan nutrisi yang terdapat di buah tin per 100 g :

  1. Energi 250 kcal 1040 kJ
  2. Karbohidrat 63.87 g
  3. Gula 47.92 g
  4. Dietary fiber (serat) 9.8 g
  5. Lemak 0.93 g
  6. Protein 3.30 g
  7. Thiamine (Vit. B1) 0.085 mg 7%
  8. Niacin (Vit. B3) 0.619 mg 4%
  9. Riboflavin (Vit. B2) 0.082 mg 5%
  10. Pantothenic acid (B5) 0.434 mg 9%
  11. Vitamin B6 0.106 mg 8%
  12. Magnesium 68 mg 18%
  13. Folat (Vit. B9) 9 μg 2%
  14. Vitamin C 1.2 mg 2%
  15. Zinc 0.55 mg 6%
  16. Kalsium 162 mg 16%
  17. Iron 2.03 mg 16%
  18. Fosfor 67 mg 10%
  19. Potassium 680 mg 14%

wow…………………………..

ternyata kandungan nutrisi buah tin itu banyak banget ya gays. Tapi sayang banget nih di indonesia khususnya, buah tin hanya dijadikan sebagai oleh-oleh umroh atau haji, masih kurang yang mengkomsumsi buah tin secara rutin padahal nih di indonesia buah tin juga sudah banyak di budidayakan loh.

Berikut akan dijelaskan manfaat buah tin untuk kesehatan :

  1. Bagus untuk penderita hipertensi dan jantung koroner. kandungan magnesium, fosfor, omega 3, omega 6, dan fenol. Kandungan-kandungan mineral alami inilah yang cukup berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah munculnya penyakit jantung koroner.
  2. Dapat mengurangi kadar kolesterol. Buah tin terkenal sebagai jenis buah yang mengandung serat larut cukup baik. kandungan serat larut berupa pektin dalam buah tin sangatlah berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  3. Dapat mencegah serangan jantung. serangan jantung dapat disebabkan karena kadar natrium dalam tubuh cukup tinggi, natrium ini akan menimbulkan penyempitan pembuluh dan plak yang membuat kinerja jantung semakin berat dalam mendistribusikan darah keseluruh tubuh. Nah, buah tin mengandung senyawa kalium tinggi yang cukup baik untuk menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Mengkonsumsi buah tin minimal 1x sehari akan membantu menekan resiko terkena serangan jantung mendadak.
  4. Bagus untuk para penderita diabetes. Bagi para penderita diabetes pasti tidak boleh makan-makanan manis. Namun meskipun buah tin manis, kandungan glukosa dan fruktosa dalam buah ini tidak akan membuat kadar gula dalam darah naik. Sebab selain mengandung glukosa dan fruktosa, buah tin juga mengandung serat larut dan karbohidrat. Kedua kandungan inilah yang akan menghambat proses penyerapan gula berlebih pada bagian sistem pencernaan secara optimal. Bahkan buah tin juga cukup efektif untuk mencegah diabetes, namun dengan syarat konsumsi tidak berlebihan.
  5. Dapat mencegah kangker. Adanya radikal bebas dapat merusak sel kulit dan mengaktifkan pertumbuhan sel secara abnormal (sel kanker). Untuk mencegahnya dapat konsumsi buah tin, sebab buah tin mengandung polyfenol yang bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Ada banyak sekali jenis kanker yang dapat dicegah dengan konsumsi buah tin, seperti kanker serviks, kanker payudara, kanker otak, dan lainnya. Selain itu, kandungan serat larutnya dipercaya juga cukup efektif mencegah kanker kolon (usus besar).
  6. Dapat mencegah keropos tulang dan menguatkannyaOsteoporosis merupakan salah satu jenis penyakit tulang yang bisa dicegah dengan mengonsumsi buah tin secara rutin. Dalam buah tin terkandung senyawa kalsium yang cukup tinggi, bahkan para ahi gizi mengungkapkan kandungan kalsium dan fosfor dalam buah tin lebih tinggi dari pada kandungan dalam susu. Bagi usia 30 keatas konsumsi kalsium sangat berkhasiat untuk mencegah osteoporosis, sedangkan untuk anak-anak nutrisi tersebut akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi secara optimal.
  7. Dapat mengatasi susah tidur. Gajala susah tidur dapat muncul disebabkan karena berbagai macam faktor, mulai dari konsumsi minuman berkafein (kopi) sampai dengan kondisi stres dan trauma. Selain mengatasi stres juga bisa menghilangkan susah tidur dengan konsumsi buah tin. Buah tin mengandung senyawatryptophan  yang cukup efektif untuk memberikan rasa nyaman, tenang, dan rileks bagi pikiran kita. Sehingga sangatlah baik untuk menghilangkan insomnia dan membuat tidur lebih nyenyak.
  8. Sebagai Sumber nutrisi yang cukup baik dan lengkap, Buah tin  mengandung kalsium, serat, dan kalium yang cukup tinggi. Selain itu buah tin juga mengandung sodium yang cukup rendah. Buah tin juga mengandung kaya akan senyawa benzaldehida (senyawa anti-kanker seperti beta-karoten). Menariknya lagi buah satu ini juga diperkaya dengan kandungan vitamin penting untuk tubuh, seperti vitamin A, B, dan C. Dengan berbagai macam kandungan nutrisi, kita akan mendapatkan gizi harian yang cukup.
  9. Dapat mengatasi susah BAB. Sejak jaman dahulu kala buah tin sudah banyak digunakan sebagai herbal pencahar alami. kandungan serat yang bersifat laktasif dalam buah ini dipercaya mampu menyembuhkan sembelit kronis. Mengkonsumsi secara rutin buah ini juga cukup baik untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan tubuh.
  10. Bagus untuk wasir dan ambeien. Khasiat buah tin untuk wasir atau ambeien telah disebutkan secara jelas dalam hadist sabda Nabi Muhammad SAW. Dikatakan buah satu ini cukup baik untuk menyembuhkan wasir dan encok. Buah tin ini mengandung senyawa flavonoid cukup tinggi yang mampu mencegah radikal bebas dan peradangan penyebab wasir semakin parah. Mengkonsumsi buah tin setiap hari minimal 1 butir, maka wasir akan sembuh dengan sangat mudah sekali.
  11. Dapat mengobati sakit tenggorokan. Kurangnya kelembaban pada tenggorokan bisa menyebabkan bagian organ tersebut terasa sakit, bahkan jika dibiarkan akan menyebabkan munculnya pendarah. Penyakit tenggorokan ini sering disebut juga dengan sore throatBuah tin mngandung lendir yang cukup tinggi, kandungan lendir inilah yang mampu mengatasi sakit tenggorokan dengan cara melembabkannya secara alami. 
  12. Buah tin juga bermanfaat untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.
  13. Meningkatkan sistem imun tubuh (kekebalan). Konsumsilah teh daun tin secara rutin setiap harinya, dengan kandungan bio-flavonoid, polifenol, dan vitamin C yang bersifat antioksidan, sistem kekebalan tubuh Anda akan semakin meningkat. Sehingga tubuh akan lebih kuat dalam menangkal berbagai macam serangan penyakit, baik itu penyakit ringan ataupun penyakit yang bersifat bahaya.

Ternyata banyak sekali ya manfaat  buah tin untuk kesehatan. semoga bermanfaat bagi para pembaca dan yang yang belum mengetahui manfaat buah tin apa saja semoga dengan adanya postingan ini dapat membantu.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *